Kamis, 17 Februari 2011

Critical Success Factor...

Critical Success Factor, apa itu ?

Secara objektif dapat dijelaskan sebagai penyataan umum mengenai arah kemana suatu perusahaan atau perseorangan akan menuju. Dapat juga dengan atau tanpa target tertentu (dan waktu tertentu).

Lalu apa tujuannya, memiliki target spesifik yang akan diraih dalam waktu tertentu dan merupakan operasional dari satu atau lebih "objektif".

Jadi CSF itu adalah sesuatu yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan atau dengan kata lain, merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan ataupun kegagalan pencapaian tujuan.

Ada beberapa tipe CSF, yaitu :
  • Industri, faktor dari karakteristik industri dan merupakan apa yang harus dilakukan supaya tetap kompetitif.
  • Lingkungan, faktor lingkungan yang mempengaruhi organisasi. Misalnya iklim bisnis, ekonomi, kompetitor, teknologi dan lain-lain.
  • Strategi, faktor strategi kompetitif yang dipilih organisasi.
  • Temporal, faktor dari internal organisasi. Misalnya timbulnya kesempatan, adanya hambatan dan lain-lain.
Metode CSF, antara lain :
  1. Identifikasi misi perusahaan dan strategic goals-nya.
  2. Identifikasi bagaimana CSF dimonitor dan diukur.
  3. Komunikasikan CSF kepada setiap elemen penting perusahaan.
  4. "Keep monitoring and reevaluating CSF"

sumber : panjiwisnuwirawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar